Kerep, 11 Juni 2024
Pembinaan Administrasi Tim Penggerak PKK dilaksanakan di Balai Desa Kerep dengan dihadiri Ketua TP.PKK Kecamatan Sulang, Ny. Harisa Arief D.S. beserta seluruh Anggota dan Ketua TP.PKK Desa Kerep Ny. Karmini Astono beserta seluruh Anggota.
Sebelum Pembinaan dimulai, adalah acara sambutan-sambutan.
Sambutan yang pertama dari Ketua TP.PKK Desa Kerep, Ny. Karmini Astono. Dalam sambutannya beliau berharap agar kegiatan PKK dapat terus aktif dan penataan administrasi dapat dibenahi sesuai dengan aturan yang ada.
Kemudian Sambutan Kedua dari Ketua TP.PKK Kecamatan Sulang, Ny. Harisa Arief D.S. Dalam sambutannya beliau menjelaskan inovasi dalam program PKK di setiap Pokja yang meliputi :
1. Pokja 1 bertugas sebagai pengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila serta gotong royong.
2. Pokja 2 meliputi pendidikan dan keterampilan, Pengembangan kehidupan berkoperasi dan ketahanan pangan.
3. Pokja 3 mengelola Program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana Rumah Tangga.
4. Pokja 4 meningkatkan pola kesehatan keluarga dan lingkungan serta mencegah PTM serta pengawasan Ibu Hamil dan Bayi.
Adapun hasil pembinaan yaitu :
1. Pokja 1
2. Pokja 2
3. Pokja 3
Ada 3 buku wajib Pokja 3 : (1) Buku program kerja Pokja 3, (2) Buku Kegiatan, (3) Buku data kegiatan. Program kerja harus dilakukan awal tahun/awal bulan dengan panduan garis biru (ketika baru membuat program), garis hijau (program yang sudah dilaksanakan, dan garis merah (program yang tidak terlaksana). Adapula peningkatan gizi dan pengembangan pangan yaitu membudayakan perilaku bersih dan sehat dalam memilih dan mengolah pangan.
4. Pokja 4
Ada 3 buku wajib Pokja 4 : (1) Buku Program Kerja dan kegiatan, (2) Buku data kesehatan, data kesling, data perencanaan sehat, (3) Buku data kegiatan PKK yang meliputi rekap data ibu hamil, nifas dan bayi. Adapula buku bantu (buku kas, notulen, PMT, data stunting, Telponi, data TPK dan buku penyuluhan). Selain itu juga ada data dinding, data gagah bencana dan Surat Keputusan (SK).