INFO
  • Kebersamaan dalam Membangun demi Desa Kerep yang Makmur dan Sejahtera lebih maju dengan semangat gotong-royong berlandaskan "Iman dan Taqwa Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa"

Posyandu dan Posbindu PTM Desa Kerep Bulan Juni 2023

09 Juni 2023 Tutycha Fibriana Karisma Berita Lokal Dibaca 238 Kali

Posyandu Balita dan Posbindu PTM adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di Desa Kerep pada tanggal 8 dan 9 setiap bulannya. 

Kegiatan ini dilakukan di 2 wilayah dalam 2 hari berbeda, yaitu tanggal 8 untuk Posyandu Melati 1, yaitu Desa Kerep wilayah Timur dan tanggal 9 untuk Posyandu Melati 2, yaitu Desa Kerep wilayah Barat. Selama pelaksanaan kegiatan Kader Posyandu Balita dan Posbindu PTM didampingi oleh Tim dari Puskesmas Sulang dan Ibu Weny Tri Handayani selaku Bidan Desa.

Seperti yang kita ketahui, Posyandu Balita adalah untuk anak-anak mulai usia 0 bulan sampai dengan usia 60 bulan atau 5 tahun. Kegiatan ini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala untuk melakukan deteksi dini jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kelainan tumbuh kembang balita serta balita kurang gizi, gizi buruk, dan stunting. 

Pentingnya membawa Balita ke Posyandu Balita adalah orang tua dapat memantau langsung tumbuh kembang anak serta dapat berkonsultasi langsung dengan petugas kesehatan yang mendampingi kegiatan Posyandu Balita. Selain itu, dalam kegiatan Posyandu Balita juga dapat membantu pemenuhan gizi anak dengan pemberian Makanan Pendamping Tambahan (PMT).

Sedangkan Posbindu PTM adalah Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular yang diperuntukkan bagi masyarakat usia 15 tahun sampai dengan 59 tahun. Strategi dari Kementrian Kesehatan ini adalah salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus promotif dan preventif dalam menanggulangi penyakit tidak menular. 

Penyakit tidak menular ini diantaranya Diabetes Melitus (DM), Hipertensi, Obesitas, Penyakit jantung, asam urat tinggi, kolesterol tinggi, gangguan akibat kecelakaan, tindak kekerasan dan lain-lain.

Melalui kegiatan Posbindu inilah dapat dilakukan pengecekan berkala untuk kategori penyakit tidak menular seperti yang sudah disebutkan di atas. Harapannya adalah masyarakat dapat melakukan pengobatan lanjutan di Puskesmas/Klinik Pengobatan terdekat apabila ada indikasi mempunyai keluhan.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar